Belum Setahun, Target Pendapatan Objek Wisata Dieng Surplus 600 Juta

 

Kawah Sikidang Dieng, doc foto SB/Anhar

Seputarbanjar.com.BANJARNEGARA- Belum genap satu tahun, namun hingga pekan pertama bulan Nopember, realisasi pendapatan sudah surplus sebesar Rp. 600 juta.
Pemkab Banjarnegara sendiri menargetkan pendapatan obyek wisata dieng pada tahun2018 ini sebesar Rp. 5,8 milliar.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banjarnegara Dwi Suryanto mengatakan, Dieng menjadi salah satu sumber pendapatan daerah Banjarnegara.
Dwi menjelaskan, realisasi pendapatan terus mengindisikan bahwa dieng masih menjadi magnet utama pariwisata di Banjarnegara. Dan pemkab menargetkan pendapatan Dieng tahun 2019 di patok sebesar Rp. 8 Milliar. “Meski tinggi namun kami optimis bisa memenuhi target,” lanjutnya.
Menurutnya keyakinan tersebut antara lain karena dukungan pemkab Banjarnegara dalam pengembangan kawasan wisata Dieng.
Salah satunya adalah dengan menerapkan sistem e-ticketing yang akan di terapkan mulai tahun depan.
Sistem tersebut diharapkan akan menekan angka kebocoran dari pengunjung yang tidak membeli tiket. “Jika sesuai rencana, e – Tickting berlaku mulai maret 2019,” lanjutnya.
Lebih jauh Dwi menjelaskan, penerapan e-ticketing juga akan di barengi dengan menutup kawasan objek dengan pemagaran. Dengan begitu diharapkan seluruh pengunjung hanya bisa masuk melalui pintu yang disediakan.
E-Tickting ini juga akan mempermudah bagi wisatawan atau biro wisata untuk membeli tiket.”Pembayarannya bisa dilakukan secara online melalui aplikasi pariwisata atau muga melalui jaringan internet,” katanya.(sb/ahr)

Berita lainnya