Berburu Takjil di Kampung Ramadhan Kauman

Berburu Takjil di Kampung Ramadhan Kauman

SEPUTARBANJAR.COM,BANJARNEGARA — Kampung Ramadhan Kauman (KRK) Banjarnegara tahun 2019 ini kembali diselenggarakan di jalan KH Ahmad Dahlan atau di jalan sisi sebelah barat alun-alun Banjarnegara depan komplek Masjid Agung An Nuur. Sejak di buka pada awal Ramadhan, setiap sore Kampung Ramadhan ini selalu dipenuhi pengunjung yang mencari takjil untuk berbuka puasa.

Sore hari sehabis Ashar Jalan KH. Ahmad Dahlan Kauman ramai dikunjungi warga, sambil menunggu bedug maghrib mereka berburu takjil untuk berbuka puasa. (foto/mochamad Anhar)

Menjelang adzan Ashar berkumandang, sejumlah lapak-lapak pedagang sudah mulai terlihat di sepanjang jalan KH. Ahmad Dahlan, dan selepas Ashar, jalan-jalan sudah tampak dipenuhi makanan dan minuman, serta masyarakat yang ingin mencari takjil berbuka puasa.

Mulai dari makanan cemilan untuk berbuka, lauk pauk, beragam minuman, makanan khas Banjarnegara tersaji di sepanjang jalan komplek masjid An-Nur. Tidak ketinggalan juga makanan dan minuman kekinian yang disajikan oleh penyaji kuliner

Mulai minuman-minuman seperti es campur, minuman kekinian seperti thae tea, susu segar serta beragam minuman lain tersedia di kampung ramadhan ini.

Tidak ketinggalan camilan-camilan bakar seperti sosis dan bakso, gorengan dan makanan kekinian yang disajikan dalam beragam jenis tampilan. Namun, panganan khas Ramadhan seperti kolak maupun kurma tetap menjadi primadona dan laris diburu pembeli.

Meskipun jalan terlihat sempit karena dipenuhi pengunjung dan pedagang yang berjajar rapat di jalan tersebut namun tidak mengurangi minat pengunjung yang terus bertambah jika mendekati waktu berbuka puasa.

Koordinator Kegiatan Riza mengatakan, kampung Ramadhan memberikan kesempatan bagi para pedagang untuk berjualan secara tersentra sehingga memudahkan masyarakat yang ingin berbelanja untuk berbuka puasa.

“Kaum muslimin yang menunaikan ibadah puasa tidak perlu bingung jika belum sempat menyajikan menu untuk berbuka puasa, sebab di kampung ramadhan kauman ini tersedia beragam jenis makanan dan minuman,” katanya.

 

Beragam jenis penganan ada di Kampung Ramadhan Kauman, pengujung bisa mencari beragam takjil untuk berbuka. (foto/mochamad anhar)

Sefi (27) salah satu karyawan perbankan di Banjarnegara mengaku sangat terbantu dengan adanya kampung Ramadhan,  sebab Ia tidak perlu susah untuk mencari kuliner untuk menu berbuka.

“Ada semuanya disini, jadi kami ngga perlu susah susah lagi mencari makanan untuk berbuka sembari menyelesaikan pekerjaan yang belum kelar,” ujarnya.

Hal senanda juga disampaikan Marliah (50)  Ibu rumah tangga warga Kutabanjarnegara yang tidak sempat memasak untuk berbuka keluarganya. Dia terpaksa membeli menu untuk berbuka karena tidak keburu waktu untuk memasak.

“Kami baru saja acara keluar kota,  ngga sempat memasak, jadi kami lari kesini untuk mencari makanan untuk berbuka,” katanya.

Bagi masyarakat Banjarnegara kampung Ramadhan Kauman menjadi lokasi yang sangat rekomendet bagi penikmat kuliner dan juga lokasi yang tepat untuk berburu takjil menjelang berbuka puasa. (seputarbanjar.com/mochamad anhar)

Berita lainnya