Pendidikan

Ketika Pramuka SMKN 1 Wanayasa Menggelar Amaliah Ramadhan…

Ketika Pramuka SMKN 1 Wanayasa  Menggelar  Amaliah Ramadhan…

 

SEPUTARBANJAR.COM,BANJARNEGARA- Sebagai bentuk implementasi dan penerapan pola pembinaan karakter generasi muda dalam wadah Kepramukaan,  SMKN1 Wanayasa menggelar bhakti pramuka dengan tajuk Ramadhan ceria dan berbagi.

Pramuka SMK N1  Wanayasa mengolah makanan untuk di jual di kedai yang menyediakan makanan khas Banjarnegara.(foto/istimewa)

Kegiatan rutin rutin tahunan tersebut dilaksanakan sebagai bentuk rasa syukur sekaligus penerapan dan evaluasi pembinaan karakter generasi muda.

Ketua Panitia Eko Andi Atmaja mengatakan dalam rangkaian amaliah Ramadhan kali ini digelar beberapa kegiatan seperti belajar bersama siswa SD, pengajian dan kajian alquran, promosi PHBS serta bakti sosial pemberian paket sembako untuk masyarakat kurang mampu.

“Adapun gongnya kegiatan ini adalah dilounchingnya kedai Ramadhan pramuka SMKN1 Wanayasa yang diberi label kedai Puntadewa drupadi,”  katanya.

Di kedai tersebut dijajakan aneka makanan khas Banjarnegara yang dibuat langsung dan diolah oleh anggota pramuka dan dijajakan secara murah,  higienis setiap harinya jelang buka puasa.

Menyiapkan makanan khas Banjarnegara untuk santapan berbuka puasa. (foto/istimewa)

Tak ketinggalan menu utama khas Wanayasa yakni ondol tela juga diracik, dibuat dan disajikan langsung di kedai teesebut.

Kepala sekolah SMKN1 Wanayasa yang juga sebagai  Kamabigus Suswanto mengatakan,  kegiatan amaliah Ramadhan yang dilakukan oleh anggota pramuka ini diharapkan dapat menjadi cermin kepribadian,  pemetik semangat perjuangan generasi muda dalam mengisi puasa ramadhan dengan kegiatan yang bermanfaat.

“Ini sangat bagus dan kreatif serta menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk lebih berkarya telebih dalam bulan mulia ini,”  lanjutnya.

Pihaknya berharap kegiatan serupa akan terus dilakukan bukan hanya pada saat bulan puasa saja namun dapat berlanjut dalam keseharian sehingga dapat memupuk rasa persaudaraan dan kebersamaan.

Ketua Kwartir Ranting Pramuka Wanayasa Aminarto mengapresiasi kegiatan kreatif tersebut dan berharap tunas tunas muda harapan bangsa kedepan akan lebih kreatif dan bersahaja dalam meniti hidup dalam kebersamaan.

“Ini kegiatan paling menarik dan inspiratif yang saya temui, saya berharap ide baru terus muncul menjadi pelecut dalam pola pembinaan generasi muda agar lebih maju,”  tambahnya.(sb/red).