TRMS Serulingmas Kedatangan Dua Harimau Benggala.

TRMS Serulingmas Kedatangan Dua Harimau Benggala..

SEPUTARBANJAR.COM, BANJARNEGARA-Taman Rekreasi Marga Satwa (TRMS) Serulingmas Banjarnegara menerima penyerahan dua Harimau Benggala dari Taman Marga Satwa Semarang atau Semarang Zoo.
Dari Semarang, Sepasang harimau benggala itu diangkut dari Semarang menuju Banjarnegara dengan menggunakan truk dan dimasukan kerangkeng besi menuju Banjarnegara.
“Untuk memindahkan satwa buah itu dari bak truk menuju kandang karantina. Butuh beberapa orang,” kata Direktur TRMS Serulingmas Lulut Yekti Adi
Harimau Benggala dari Semarang itu pun tak langsung dilepas atau dicampur dengan Harimau Benggala koleksi TRMS yang lebih dulu menghuni kandang. Melainkan dikarantina di kandang berbeda.

Butuh beberapa orang untuk mengangkut harimau benggala ke kandang. (foto/m.anhar)

Direktur TRMS Serulingmas Lulut Yekti Adi mengatakan, pertukaran satwa ini dalam rangka melanjutkan keturunan dan kesejahteraan satwa.
“Pengadaan harimau dalam rangka untuk melanjutkan keterangan sehat dan kesejahteraan satwa,”katanya
Lulut menambahkan, TRMS Serulingmas sebenarnya telah memiliki dua ekor atau satu pasang Harimau Benggala, namun permasalahannya pasangan Harimau Benggala koleksi TRMS Serulingmas itu masih punya hubungan kekerabatan atau masih satu indukan.

Harimau Benggala dari Semarang Zoo dipisahkan terlebih dahulu sebelum dipasangkan dengan harimau benggala koleksi TRMS Serulingmas.(foto/M.Anhar)

Untuk itu pasangan satwa itu tidak ideal karena berpotensi menghasilkan perkawinan satu darah (In breeding). Perkawinan satu darah ternyata berisiko tinggi untuk satwa sekalipun.“Perkawinan yang pernah terjadi pada pasangan harimau itu menghasilkan keturunan harimau dengan risiko kelainan atau tidak normal, untuk itu, pihaknya berusaha menghindari perkawinan sedarah satwa (In breeding) dengan menukarnya atau mencarikan pasangan lain dari luar,” lanjut Lulut.
Kehadiran dua Harimau Benggala dari Semarang diharapkan mampu mengatasi persoalan itu. Sepasang harimau dari Semarang itu akan dicampur atau dikawinkan dengan Harimau Benggala koleksi TRMS Serulingmas.
Dengan demikian, proses regenerasi Harimau Benggala di TRMS Serulingmas diharapkan bisa berlangsung lancar. “Supaya tidak terjadi In breeding, kita oplos dengan harimau dari Semarang,”katanya Pengelola Taman Marga Satwa Semarang pun tidak pulang dengan tangan hampa. Dua Harimau Benggala yang diserahkan ternyata ditukar dengan seekor singa jantan koleksi TRMS Serulingmas.

Salah satu Harimau Benggala kirimian dari Semarang Zoosaat sebelum diturunkan dari Truck. (foto/M.anhar)

Singa jantan itu ternyata sudah lama kesepian di kandang karena tak memiliki pasangan. Gayung bersambut, di Taman Marga Satwa Semarang, ada seekor singa betina bernasib sama karena tak memiliki pasangan.
Karenanya, singa jantan dari Serulingmas diboyong ke Semarang untuk menemui pasangan barunya. “Pernah ada pasangannya dari Solo Zoo, namun sudah diambil,”katanya
Melalui penukaran satwa ini, koleksi Harimau Benggala TRMS Serulingmas bertambah dari dua ekor menjadi empat ekor atau dua pasang.
Sedangkan koleksi singa TRMS berkurang dari 3 ekor menjadi 2 ekor setelah seekor singa jantan menjadi penghuni Semarang Zoo. (seputarbanjar.com/m.anhar) .

Berita lainnya