Lebaran, Permintaan Sirup Carica Meningkat ..

Lebaran, PermintaanSirup Carica Meningkat ..

SEPUTARBANJAR.COM,BANJARNEGARA – Produksi minuman olahan carica meningkat hingga 30-50 persen untuk memenuhi permintaan yang tinggi selama bulan ramadhan dan lebaran. Menurut perkiraan, permintaan minuman olahan buah khas Pegunungan Dieng itu akan terus meningkat terutama saat libur lebaran ini.

Produksi sirup carica meningkat seiring meningkatnya jumlah peminat buah asli dataran tinggi Dieng itu untuk menu lebaran, selain itu carica juga kerap menjadi oleh – oleh wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata Dataran Tinggi Dieng.(foto/M.Anhar)

Pengusaha Carica Tri Sakti di kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng Saroji mengatakan, sejak memasuki Ramadan, permintaan carica menunjukkan kenaikan signifikan. Untuk memenuhinya, dia pun meningkatkan produksi dengan menghabiskan bahan baku hingga 2 kwintal.
”Pada hari-hari biasa, paling sekitar 1 kwintal saja per hari. Ini bisa lebih hingga 2 kwintal bahkan lebih,” kata Saroji Senin (3/6/2019).
Menurutnya, permintaan minuman segar carica bukan hanya dari warga lokal Banjarnegara dan Wonosobo saja, namun banyak juga wisatawan dari luar kota sengaja berhenti di tokonya untuk membeli carica sebagai oleh-olehnya.
”Carica memiliki cita rasa segar sehingga sangat cocok untuk berbuka puasa,” jelasnya.
Dia memperkirakan permintaan carica terus meningkat sampai Lebaran mendatang. Selain untuk konsumsi buka puasa dan jamuan lebaran, banyak pula wisatawan yang berkunjung ke Dieng membawa carica sebagai oleh-oleh.
Selain carica, Saroji juga menjual beragam makanan dan minuman khas Dataran Tinggi Dieng seperti Purwaceng, Kacang Dieng, Keripik Jamur, Keripik kentang dan makanan khas dataran tinggi Dieng lainnya.(seputarbanjar.com/m.anhar)

Berita lainnya