Hindari Kemacetan, Polres Banjarnegara Rekayasa Lalu Lintas di Jalur Wisata Dieng

Hindari Kemacetan, Polres Banjarnegara Rekayasa Lalu Lintas di Jalur Wisata Dieng

 

SEPUTARBANJAR.COM,BANJARNEGARA-Mengantisipasi terjadinya kemacetan di obyek wisata Dieng saat libur lebaran, Polres Banjarnegara akan merekayasa lalu lintas.

Hal tersebut untuk memudahkan wisatawan yang akan menikmati lebaran di obyek wisata Dieng.

Kasat Lantas Polres Banjarnegara AKP Sukarwan menilai, kemacetan di jalur wisata Dieng memang sulit dihindari karena meningkatnya volume kendaraan saat libur lebaran.

Tetapi pihaknya berusaha mengantisipasi kemacetan itu sehingga lalu lintas tetap ramai lancar. Strategi rekayasa lalu lintas untuk mengurai kemacetan di jalur wisata Dieng tak jauh berbeda dengan tahun lalu.

Di antaranya, petugas akan membuat arus menjadi searah sesuai arah jarum jam. Pengendara atau wisatawan dari arah Karangkobar atau Batur, tidak diperbolehkan langsung ambil kanan untuk masuk ke objek wisata.

Mereka akan disarankan memutar melalui Telaga Warna, Demikian halnya pengendara atau wisatawan dari arah Wonosobo akan diarahkan mengambil kiri dan memutar untuk mencapai objek wisata Dieng

“Kalau pengamanannya seperti itu, tidak akan terjadi masalah. Tersendat mungkin, tapi tidak macet total ,” kata Sukarwan

Menurutnya, kepadatan wisatawan di Dieng biasanya berlangsung hingga H + 10 lebaran. Satlantas Polres Banjarnegara sendiri akan mengerahkan 20 anggota untuk mengamankan dan mengatur lalu lintas di jalur wisata. Belum termasuk petugas dari  Sat Sabhara atau Polsek Kejajar yang ikut membantu pengamanan.

Beberapa pos pengamanan akan dibangun di objek-objek vital Dieng semisal di komplek Candi Arjuna Dieng Banjarnegara serta pintu masuk Dieng dari arah Wonosobo.

Untuk mengurai kepadatan kendaraan di jalur wisata, pihaknya pun menyarankan wisatawan untuk memanfaatkan jalur-jalur lain menuju Dieng selain jalur dari Wonosobo.

Di antara jalur yang direkomendasikan untuk wisatawan adalah jalur via kota Banjarnegara-Banjarmangu-Karangkobar-Batur-Dieng.

“Kita kasih rambu-rambu jalur menuju Dieng. Jalur ke Dieng via Karangkobar juga memenuhi syarat. Kondisi jalan cukup bagus,”katanya.(seputarbanjar.com/m.anhar)

Berita lainnya