Syiar Kumandang Takbir Dari Peserta Lomba Takbir Hidupkan Malam Idul Fitri 1440 H..

Syiar Kumandang Takbir Dari Peserta Lomba Takbir Hidupkan Malam Idul Fitri 1440 H..

 

SEPUTARBANJAR,COM.BANJARNEGARA – Berbagai aksi dan kreasi ditampilkan peserta lomba  takbir dalam rangka Idul Fitri 1440 H yang diselenggarakan oleh Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Banjarnegara Selasa (4/6/2019).

Satu persatu peserta menampilkan berbagai kreatifitas  yang telah dipersiapkan peserta sebelum mengikuti lomba.

Kepala Bagian Kesra Setda Banjarnegara Teguh Handoko yang juga sebagai koordinator lomba mengatakan, untuk mendapatkan nilai terbaik, para peserta harus menampilkan aksi dan kreasi yang menjadi kriteria penilaian juri.

Lomba takbir dalam rangka Idul Fitri 1440 H dibuka oleh Wakil Bupati Banjarnegara Syamsudin.(foto/m.anhar)

“Untuk mendapatkan nilai terbaik, peserta harus menampilkan aspek penilaian berupa kefasihan, lagu, kekompakan, kerapihan dan keutuhan,” kata Teguh.

Lomba takbir dalam rangka Idul Fitri 1440 Hijriah diikuti sebanyak 15 regu dari tingkat pelajar 4 peserta  dan peserta umum sebanyak 11 peserta.

Selama lomba peserta diharuskan berjalan mengelilingi kota Banjarnegara sambil menghidupkan malam Idul Fitri dengan Syiar Kumandang Takbir.

“Peserta sebelumnya diberikan waktu satu menit untuk menampilkan aksinya digaris start,” jelasnya.

Wakil Bupati Banjarnegara Syamsudin saat melepas peserta lomba meminta kepada peserta dan warga yang hadir dalam malam takbiran untuk terus menggemakan takbir  dan tahmid untuk menyambut datangnya hari kemenangan.

Ia juga memberikan apresiasi kepada semua peserta yang telah ikut merayakan hari kemenangan dengan mengikuti lomba takbir keliling.

Peserta diberi waktu 1 menit menampilkan aksi dan kreatifitasnya sebelum memulai lomba takbir.(foto/m.anhar)

“Menjadi juara memang penting dalam mengikuti lomba namun yang lebih penting adalah syiar yang dikumandangkan lewat gema takbir sehingga perayaan Idul Fitri kita lebih terasa,” kata Syamsudin saat memberikan sambutan sebelum melepas peserta pertama lomba takbir.

Pada Lomba gema takbir tersebut juri memberikan hadiah kepada juara baik tingkat umum maupun pelajar di masing-masing lokasi. Dimana juara I ditiap lokasi start mendapatkan hadiah berupa uang tunai senilai 2 juta, 1,75 juta untuk juara II dan juara III mendapatkan 1,5 juta.

Untuk memberikan bebungah bagi peserta lain yang tidak mendapatkan juara masing-masing regu diberikan uang pembinaan sebesar Rp. 250 ribu.

Lomba takbir keliling yang telah berlangsung sejak puluhan tahun ini, selain merupakan agenda rutin Pemkab. melalui panitia hari besar islam (PHBI) untuk mensyiarkan agama Islam kepada masyarakat luas.(seputarbanjar.com/m.anhar)

Berita lainnya