religi

Ribuan Umat Muslim Sholat Id di Alun-alun kota Banjarnegara

Ribuan Umat Muslim Sholat Id di Alun-alun kota Banjarnegara

 

SEPUTARBANJAR.COM,BANJARNEGARA- Umat Islam di Banjarnegara, Rabu  (4/6/2019) pagi melaksanakan sholat Ied Di alun-alun kota Banjarnegara. Sholat Ied yang dimulai pukul 6.15 pagi diikuti ribuan warga yang datang dari berbagai penjuru Banjarnegara

Takbir,  Tahmid dan Tahlil berkumandang dari Jemaah yang memang sudah sejak pagi memenuhi alun-alun kota Banjarnegara.

Bupati dan Jajaran Forkompinda juga turut hadir dalam sholat Ied tersebut, dan berada di shaf paling depan.

Umat Muslim menyimak materi khutbah Idul Fitri yang disampaikan Ketua dewan Masjid Indonesia Kabupaten Banjarnegara H. Ahmad Mubasyir Ali .(foto/m.anhar)

Menteri Agama yang menetapkan hari raya Idul Fitri nasional jatuh pada tanggal 4 Juni menjadikan semua umat Islam merayakan Idul fitri secara bersama.

Ketua Pengurus Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Indarto  mengatakan,  jamaah yang mengikuti sholat Id  berasal dari wilayah sekitar kota Banjarnegara  serta warga Banjarnegara yang mudik lebaran.

“Keputusan Menteri Agama yang menetapkan perayan Idul Fitri nasional yang  jatuh  pada tanggal 4 menjadikan semua umat melakukan sholat Id bersamaan,” kata Indarto.

Sebagi Imam dalam Sholat Idul Fitri 1440 H adalah Ustadz Abdul Aziz Ma’arif yang sering dikenal melalui qori dalam ssalah satu televise swasta.

Sedangkan Khotib disampaikan oleh H. Ahmad Mubasyir Ali , Ketua dewan Masjid Indonesia Kabupaten Banjarnegara.

Dalam Khutbahnya yang berjudul Istiqomah Selepas Ramadhan, Mubasir Ali menjelaskan tentang banyaknya ampunan selama bulan ramadhan.

Ia juga menghimbau agar setelah melaksanakan puasa ramadhan umat bisa melaksanakan puasa Syawal.

“Dengan melakukan puasa syawal berarti sebagai tanda diterimanya amalan puasa Ramadhan sebelumnya,” kata Mubasir Ali. (seputarbanjar.com/m.anhar)