Penurunan Suhu dan Fenomena Es Dieng Jadi Daya Tarik

Penurunan Suhu dan Fenomena Es Dieng Jadi Daya Tarik

 

SEPUTARBANJAR.COM,BANJARNEGARA-Fenomena kemunculan es di Dataran Tinggi Dieng Banjarnegara Jawa Tengah terus menjadi daya tarik tersendiri .

Adanya penurunan suhu saat menjelang musim kemarau membuat embun berubah menjadi es.

Daya tarik dataran tinggi dieng banjarnegara jawa tengah seolah tak ada habisnya. selain adanya wisata budaya dan benda purbakala,  keindahan alam dieng dan fenomenanya cukup menjadi daya tarik.

Salah satu yang menjadi buruan wisatawan adalah kemunculan es atau embun salju. adanya penurunan suhu secara ekrtim hingga mencapai minus 2 derajat Celsius membuat embun embun pun berubah menjadi butiran es.

Kemunculan embun salju atau frozen ini basa terjadi pada bulan Juni, Juli dan Agustus. Salju akan mencul saat kondisi cuaca cerah dan terjadi penuruan suhu. Tak sedikit wisatawan yang beruntuk akan bisa melihat salju pada pukul 01 dini hari dan akan mencair pada pukul 07 pagi.

Kemunculan ada di sejumlah titik dataran tinggi dieng salah satunya ada di komplek candi. sejak kemunculan fenomena salju area wisata dieng selalu ramai di padati pengunjung saat siang dan dini hari, namun yang menjadi catatan  tidak setiap hari embun salju ini bisa di lihat dan di nikmati pengunjung.

Kepala Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Banjarnegara Dwi Suryanto mengatakan, suasana suhu dieng saat siang hari berkisar antara 17 hingga 25 derajat Celsius, sedangkan saat malam hari pada musim kemarau antara 10 hingga bisa turun mencapai minus 2 derajat celcius.

Wisatawanpun haris siap siap ndengan kondisi bekal jaket yang tebal.

Nah..bagi anda yang belum sempat menikmati libur lebaran atau libur , berkunjung ke Dieng Banjarnegara ini bisa menjadi pilihan anda bersama keluarga.(sb/Lis)

Berita lainnya