Suhu Di Dieng Tembus 5 Derajat, Terdingin Sejak tahun 2019..

Suhu Di Dieng Tembus 5 Derajat, Terdingin Sejak tahun 2019..

 

SEPUTARBANJAR.COM.BANJARNEGARA- Sabtu (22/6/2019) pagi tadi, Suhu di Dieng  tembus 5 derajat celcius, Suhu tersebut tercatat yang paling dingin selama tahun 2019 ini.

Akibat suhu udara yang  ekstrim tersebut hamparan lapangan yang berada di timur Candi Arjuna terlihat memutih. Air yang berada di plastik atau styrofoam bekas juga ikut membeku.

Suhu di Dieng sabtu pagi hari ini menembus 5 derajat celcius, suhu  ini merupakan yang paling dingin sejak tahun 2019.(foto/istimewa)

Aryadi Darwanto Kepala UPT Pengelolaan Obyek Wisata Banjarnegara, mengataka, sejak malam hari suhu udara sudah mulai turun. Saat diukur menggunakan thermometer pada pukul 01.00 WIB dini hari, suhu udara sudah minus 2 derajat celcius.

“Saya mengukur sejak dini hari tadi suhu udara di Dieng sudah minus 2 derajat celsius, dan pagi hari suhu udara makin dingin,” katanya.

Benar saja saat diukur pada pagi harinya dengan menggunakan thermometer suhu udara terlihat minus 5 derajat celsius.

 “Suhu ini menjadi yang terdingin di Dieng selama tahun 2019, beberapa waktu lalu sempat dibawah 0 derajat celcius namun hanya sampai minus 1 derajat celsius hingga minus 3 derajat celsius,” lanjutnya.

Kepala Desa Dieng Kulon Slamet mengatakan,  meski sudah mencapai shu udara hingga 5 derajat celcius namun menurutnya suhu paling dingin biasanya akan lebih tebal pada Bulan Agustus mendatang.

” Jika melihat kondisi serupa pada tahun lalu, maka sudhu udara akan mencapai puncaknya pada bulan agustus, bulan itu merupakan puncak  puncak kemarau,” jelasnya.

Slamet menambahkan, Bisanya titik munculnya embun es berada di komplek Candi Arjuna,  tahun sebelumnya suhu udara bahkanpernah sampai minus 7 derajat Celsius. (sb/ahr)

 

Berita lainnya