Elang Brontok Dan Elang Sikep Madu Jadi Penghuni Baru Serulingmas…

Elang Brontok Dan Elang Sikep Madu Jadi Penghuni Baru Serulingmas Banjarnegara…

 

SEPUTARBANJAR.COM,BANJARNEGARA –Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas (TRMS) Serulingmas Banjarnegara menerima 6 ekor elang dan satu burung kaka tua jambul kuning dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

Elang Jenis Sikep Madu hasil operasi BKSDA diserahkan ke TRMS Serulingmas untuk ditangkarkan.(foto/m.anhar)

Ke enam jenis elang (Ictinaetus Malaiensis ) dan satu burung Kaka tua jambul kuning tersebut merupakan  hasil operasi yang dilakukan BKSDA terhadap satwa satwa yang dilindungi.

Direktur Serulingmas Banjarnegara Lulut Adi Yekti mengatakan, jenis elang yang diserahkan ke Serulingmas adalah jenis Elang Brontok dan elang sikep madu asia.

“Dari pengamatan sementara memang  tidak terdapat cacat apapun, kuku lengkap, bulu serta sayap utuh, dan paruh runcing, Namun untuk lebih jelasnya, nanti dokter hewan kami akan melakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu untuk mengetahui sehat atau tidaknya elang ini,” kata Lulut.

Kaka Tua Jambul Kuning salah satu satwa yang dititipkan di serulingmas.Burung ini juga hasil operasi BKSDA di wilayah Banyumas.(foto/m.anhar)

Lulut  menambahkan, satwa langka jenis elang itu ditemukan oleh BKSDA saat operasi hewan hewan yang dilindungi di wilayah Banyumas. Hasilnya sejumlah ditemukan sejumlah elang yang kemudian di titipkan dan dikonservasi di  Serulingmas.

“Sementara kita masukan ke kandang transit, esoknya baru kita bawa ke klinik satwa untuk memastikan bahwa satwa tersebut benar-benar sehat dan siap di gabungkan dengan satwa lainnya (kelas aves),” lanjutnya.

Ia berharap dengan kehadiran beberapa jenis elang tersebut akan semakin menambah jumlah satwa jenis aves yang sudah terlebih dahulu menghuni serulingmas.(seputarbanjar.com/ahr)

Berita lainnya