Pantau Temperatur Suhu Dieng, BMKG Pasang Alat AWS di Komplek Candi Dieng…

Pantau Temperatur Suhu Dieng, BMKG Pasang Alat AWS di Komplek Candi Dieng..

 

SEPUTARBANJAR.COM.BANJARNEGARA- Untuk membantu dalam pemantauan temperatur suhu dan tekanan udara di kawasan dataran tinggi dieng. Badan meteorologi klimatologi dan geofisika (BMKG) memasang alat pengkur cuaca otomatis.

Alat tersebut dipasang untuk memantau perkembangan suhu udara di Dieng yang tengah di landa suhu ektrim dan munculnya fenomena embun es.

“Alat pegukur suhu otomatis yang kami pasang akan memberikan infromasi suhu dan kelembaban secara akurat yang terjadi di kawasan dataran tinggi Dieng Banjarnegara,” kata Kabid Oprasional Iklim BMKG Joko Budi Utomo.

Alat pengukur cuaca otomatis tersebut di pasang di pelataran area candi, dengan adanya alat ukur suhu yang berstandar dan valid tersebut diharapkan akan muncul ukuran suhu yang valid di dieng saat munculnya salju.

“Alat yang kami pasang itu untuk memberikan informasi akurat dan menjadi pantauan semoga bisa bermanfaat,” lanjutnya.

Dengan alat tersebut lanjut Joko masyarakabisa memperoleh informasi suhu data dan kelembaban  secara rutin selama 24 jam.

“Suhu Dieng pada bulan juni dan juli tahun ini mencapai titik terendah hingga minus 09 derajat celcius, kondisi ini mengakibatkan muculnya embun es dan air yang mengalami titik beku hingga ketebalan 1 centi meter di kawasan dieng,” tambahnya.

Sementara Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dieng, Aryadi Darwanto mengatakan kemunculan fenomena adanya embun es atau frozz ternyata membawa dampak positif bagi dunia pariwisata.

“Di satu sisi munculnya embun es  memberikan dampak buruk bagi pertanian setempat untuk itu dengan adanya alat ini diharapkan mampu mengantsipasi dan memberikan informasi yang mendukung bagi masyarakat petani ataupun wisatawan,” kata Aryadi.

Aryadi menambahkan, fenomena munculnya embun es diprediksi masih terus terjadi di Dieng, dan  kemunculan es di presikisi akan terjadi hingga puncak musim kemarau pada pertengahan agustus mendatang.(seputarbanjar.com/m.anhar)

 

 

Berita lainnya