Gandeng KKN UGM, PT Geo Dipa Energi Sosialisasi Panas Bumi

Gandeng KKN UGM, PT Geo Dipa Energi Sosialisasi Panas Bumi

 

SEPUTARBANJAR.COM.BANJARNEGARA – PT Geo Dipa Energi (Persero) Unit Dieng bersinergi kerjasama dengan Kelompok Kerja Nyata Pengembangan & Pemberdayaan Masyarakat Universitas Gadjah Mada Tim Batur 2019 melakukan sosialisasi panas bumi bagi masyarakat di Kecamatan Batur dan sekitarnya Rabu (07/08/209) kemarin.
Dalam sosialisasi PT Geo Dipa mengundang peserta dari desa-desa yang berada sekitar lapangan panas bumi Dieng.

Sosialisasi panas bumi melibatkan Tim dari Dinas Pekerjaan Umum Banjarnegara, Camat Batur, Pekerja Operasional Geodipa serta Kepala Department Teknik Mesin & Industri dan Pusat Penelitian Panas Bumi Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (foto/istimewa)

General Manager (GM) PT. Geo Dipa Energi Unit Dieng Puguh Wintoro mengatakan, Sosialisasi panas bumi tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang panas bumi sekaligus  salah satu bentuk edukasi kepada masyarakat tentang panas bumi.
“Panas bumi sebagai energi terbarukan yang sedang dikembangkan di Kawasan Dataran Tinggi Dieng, kami berharap ini menjadi salah satu solusi bagi negara dan khususnya masyarakat sekitar sebagai sumber daya listrik ramah lingkungan,” kata Puguh
Pada kesempatan tersebut PT Geo Dipa Energi (Persero) Unit Dieng mengundang narasumber dari Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Banjarnegara, Pekerja Operasional Geodipa serta Kepala Department Teknik Mesin & Industri dan Pusat Penelitian Panas Bumi Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada untuk memberikan materi mengenai panas bumi dan pemanfaatan langsung disekitar masyarakat.
Terkait dengan sosialisasi tersebut, Kepala Bidang Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Banjarnegara Arif Subagyo mengatakan, dukungan masyarakat desa sangat diperlukan untuk percepatan proyek panas bumi.
“Saat ini PLTP Dieng Unit 1 telah memproduksi hampir mencapai 60 MW dari potensi WKP Dieng ekuivalen 400MW dan akan terus dilakukan pengembangan agar target produksi bertambah untuk memenuhi kebutuhan listrik,” katanya.
Sementara Camat Batur Imron Rosyadi memberikan apresiasi kepada PT. Geodipa yang telah memberikan sosialisasi kepada masyarakat di sekitar area anas bumi.
Ia berharap Dengan sosialisasi tersebut masyarakat bisa mendukung operasional Geodipa sehingga dapat berjalan dengan baik dan lancar.
“Sosialisasi ini sebagai upaya untuk menyamakan presepsi kepada masyarakat terkait manfaat dan kebaikan panas bumi dalam menggantikan sumber listrik yang konvensional,” katanya.

Sosialisasi diikuti masyarakat desa yang berada di area panas bumi Dieng.(foto/istimewa)

Geodipa merupakan Perusahaan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) BUMN dibawah Kementerian Keuangan yang sudah berproduksi, dan rencananya akan dilakukan pengembangan untuk menambah kapasitas listriknya.
Sosialisasi ini merupakan kali kedua pelaksanaan sejak tahun 2018, dan akan terus dilakukan untuk memberikan edukasi terkait keberadaaan Geodipa dan Sumber Daya Panas Bumi yang terdapat di lingkungannya.
PT Geo Dipa Energi (Persero) Unit Dieng berharap kedepan masyarakat disekitar area panas bumi dapat mendukung kegiatan operasional Geodipa dan semoga dapat mencapai kebutuhan listrik nasional sesuai program dan target pemerintah. (seputarbanjar.com/red)

Berita lainnya