Tim Pemeriksaan Hewan Kurban Temukan Cacing Hati

Tim pemeriksaan hewan kurban melakukan pengecekan pada sejumlah hewan kurban di tempat penyembelihan hewan kurban.(foto/m.anhar)

SEPUTARBANJAR.COM.BANJARNEGARA- Tim pemeriksaan hewan kurban Banjarnegara , menemukan cacing dalam hati sapi pada hewan qurban di sejumlah tempat penyembelihan kurban Minggu (11/8)

HIngga siang tadi  sedikitnya ada 5 titik tempat penyembelihan hewan kurban di wilayah kota Banjarnegara yang sudah terpantau.

Dari hasil pemeriksaan ditemukan di salah satu tempat penyembelihan hewan adanya hati sapi  yang rusak terkena cacing hati. Setelah melalui pemeriksaan  hati sapi yang rusak tersebut langsung dipisah dan dibuang.

Kepala Dinas  Perikanan dan Ketahanan Pangan Totok Setya Winarna mengatakan ciri ciri  hati sapi yang terserang cacing adalah warnanya yang pucat dan tidak segar lagi. jika temuan hanya cacing dalam hati sapi  atau sedikit maka masih bisa dikonsumsi dengan dibersihkan dulu dengan tuntas. Namun jika ditemukan banyak  cacing dalam jumlah banyak dan membuat rongga rumah di dalam hati sapi maka dilarang di konsumsi dan harus dibuang.

Tim Pemeriksaan Hewan Kurban Ingin memastikan daging atau hati sapi yang dikonsumsi sehat, halal dan utuh.(foto/m.anhar)

“Tujuan kita  adalah supaya daging atau hati sapi yang dikonsumsi sehat, halal dan utuh,,” kata Totok.

Tim pemeriksaan hewan kurban Banjarnegara sendiri menerjunkan 125 personilnya untuk melakukan pengawasan dan pemeriksaan di   1.390 titik tempat penyembelihan hewan kurban.

Hingga sore ini  tim yang tersebar di beberapa wilayah masih melakukan pemeriksaan, Kemungkinan data masih bertambah karena pemeriksaan belum selesai dan belum semua tim melaporkan hasil pemeriksaan.

Dari data Dinas Pertanian  Perikanan dan Ketahanan Pangan  Banjarnegara, sedikitnya ada 4.500 ekor sapi dan 6.000 ekor kambing atau  domba di tempat penyembelihan hewan kurban di wilayah Banjarnegara pada Idul Adha 1440 Hijriah ini.

“Kami berharap masyarakat terus waspada. Jaga kebersihan dan teliti cek cacing atau tanda tidak wajar lainnya. Jika kita temukan hati dengan warna gosong kehitaman atau Jika kelihatan tidak wajar  jangan dikonsumsi,” katanya.(seputarbanjar.com/m.anhar)

 

Berita lainnya