Bus Penjemput Haji Dicek, Ternyata Begini Kondisinya..

Bus Penjemput Haji Dicek, Ternyata Begini Kondisinya..

 

 

SEPUTARBANJAR.COM.BANJARNEGARA- Dinas Perhubungan bersama dengan bagian Kesra Setda Banjarnegara  melakukan pemeriksaan kelaikan angkutan jamaah haji   di garasi salah satu perusahaan angkutan bus di Kabupaten Wonosobo sabtu (7/9/2019).

Rencananya bus tersebut akan digunakan untuk menjemput calon jamaah haji Kabupaten Banjarnegara dari asrama haji Donohudan kembali ke Banjarnegara.

Petugas dari Dinhub Banjarnegara memeriksa kondisi bus yang akan digunakan untuk menjemput jemaah haji dari asrama haji Donohudan menuju Banjarnegara.(foto/m.anhar)

Pengecekan dilakukan meliputi surat-surat kelengkapan, hingga kondisi bus serta peranti keamanan lainnya didalam bus seperti alat pemecah kaca, dan alat pemadam kebakaran.

Kepala Bagian Kesra Setda Banjarnegara Teguh Handoko mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan rutin setiap tahun yang dilakukan bagian kesra setda Banjarnegara  bersama dengan Dishub sebelum keberangkatan maupun penjemputan jemaah haji.

“Kami ingin memastikan semua bus aman dan nyaman untuk mengangkut penumpang calon haji supaya selamat sampai ke Banjarnegara,” kata Teguh

Pemeriksaan kendaraan juga dilakukan untuk mengantisipasi angkutan yang dinilai kurang sehat.

Jadi meskipun bus tersebut masih tergolong baru namun  perlu di cek kelaikannya. Untuk memastikan baik supir dan bus sama-sama siap dan sehat.

Teguh menambahkan, pemeriksaan bus tersebut juga untuk memastikan semuanya berjalan lancar dan mencegah terjadinya kecelakaan yang diakibatkan human eror.

(foto/m.anhar)

Ditambahkan, para supir bus tersebut nantinya juga akan dilakukan cek kesehatan dari Dinas Kesehatan . Pemeriksaan meliputi tensi darah dan pengecekan urine guna antisipasi sopir menggunakan obat doping atau dalam keadaan kurang sehat.

Selanjutnya akan dilakukan tes kesehatan untuk para sopir Bus sebelum keberangkatan calon Jemaah haji.

Kepala Kantor Kementrian Agama Banjarnegara Masdiro menambahkan Jemaah haji Kabupaten Banjarnegara yang berjumlah 776 dan terbagi menjadi 4  kloter tersebut dijadwalkan akan tiba di tanah air pada hari minggu malam (8/9/2019) dan senin dinihari.

Kolter 72 dijadwalkan tiba di pada pukul  21.00 WIB dana kan diberangkatkan pada pukul 23.00, Kloter 72 dijadwalkan tiba di Banjarnegara pada pukul 04.30 WIB.

 Sementara Kloter 73 akan diberangkatkan pada pukul 05.30 dan dijadwalkan akan tiba pada pukul 11.00 WIB,  sedangkan Kloter 74 rencananya akan diberangkatkan pada pukul 12.45 WIB dan dijadwalkan tiba di Pendapa Banjarnegara pada pukul 18.00 WIB.

“Kolter 96 dijadwalkan tiba di tanah air Sabtu tanggal  16 september pada pukul 16.30 WIB, setelah upacara penyerahan, Jemaah akan diberangkatkan ke Banjarnegara pada hari minggu  pukul 18.25 dan dijadwalkan tiba di Banjarnegara pada pukul  00.30 WIB,” kata Masdiro.

Berita lainnya