Ratusan Atlit Banjarnegara Ikuti Tes Parameter Fisik

Ratusan Atlit Banjarnegara Ikuti Tes Parameter Fisik

 

SEPUTARBANJAR.COM.BANJARNEGARA – Ratusan atlit dari 29 cabang olahraga mengikuti tes parameter atlet yang digelar oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Banjarnegara. Tes parameter dilakukan selama dua hari Jum’at dan Sabtu  (6 – 7 September 2019) di stadion Soemitro Kolopaking.

Ketua KONI Banjarnegara Nurokhman Ahong mengatakan,  dalam kegiatan tes parameter fisik ,pihaknya melakukan kerjasama dengan Universitas Ngudi Waluyo dan Unes Semarang serta sati penguji dari UNS Solo.

“Tim melakukan tes parameter (test pre)  yang meliputi VO2 Max,  latihan kekuatan dan ketahanan otot (strength and resistance) berupa Sit Up dan Push Up, serta latihan Kelincahan (Agility) berupa latihan suttle run,” kata Nurokhman.

(foto/mochamad Anhar)

Tes kebugaran wajib diikuti semua atlet dibawah naungan KONI,  karena sebagai tolak ukur kemampuan fisik atlet, menjadi tolak ukur kesiapan masing-masing pengcab dalam persiapan menghadapi Porwildulongmas tahun 2020 dan Porprov tahun 2022 mendatang.

“Tes kebugaran atlit Ini juga untuk mengetahui kemampuan fisik atlet yang disiapkan untuk kedua event nanti ,” kata Nurohman.

Menurutnya  kekuatan fisik merupakan faktor dasar dalam kegiatan olahraga. Fisik yang prima lanjutnya, akan sangat menentukan keberhasilan dalam setiap pertandingan selain sisi teknik dan teknis lainnya.

“InsyaAllah paling lama 1 bulan hasil test parameter kami serahkan Ke semua Pengkab, sebagai acuan melakukan latihan karena sesuai rencana 5 bulan ke depan kita Test lagi (Post tes) ,” lanjutnya.

(foto/m.anhar)

Post Tes lanjut Dia juga akan menjadi pertimbangan pengajuan jumlah atlit kontingen yang akan di ikutkan pada Porwildulongmas.

KONI Banjarnegara sendiri dalam Porwildulongmas berupaya masuk 3 besar, upaya ini sebagai pijakan agar pada Pororv tahun 2022 mendatang minimal bisa masuk 10 besar.(seputarbanjar.com/m.anhar)

 

Berita lainnya