Hari Apoteker Sedunia, Siswa  di Edukasi Pemahaman Pemakaian  Obat

Hari Apoteker Sedunia, Siswa  di Edukasi Pemahaman Pemakaian  Obat

 

SEPUTARBANJAR.COM.BANJARNEGARA- Dalam rangka hari Apoteker sedunia, ratusan Siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Karangkobar dan Sekolah Dasar Negeri 1 Leksana Karangkobar  kabupaten Banjarnegara mendapatkan edukasi tentang cara menggunakan obat yang baik dan benar.

Mereka terlihat sangat antusias saat  mengikuti Penyuluhan tentang obat yang dilaksanakan oleh Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Pengurus Kabupaten Banjarnegara Minggu (10/2019) kemarin.

Ketua Pengurus Cabang Ikatan Apoter Indonesia Banjarnegara, Heny Setyo Tur Istanto mengatakan kegiatan Apoteker masuk sekolah tersebut merupakan upaya pendekatan kepada masyarakat terutama anak sekolah tentang keberadaan Obat serta memberikan pemahaman dan tata cata penggunaan obat kepada anak usia dini.

“Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan yang lain dalam memeriahkan Hari Apoteker Sedunia,” katanya.

Siswa antusias mengikuti edukasi yang diberikan tim Ikatan Apoter Indonesia Banjarnegara.(foto/istimewa)

Apocil  atau  Apoteker Kecil merupakan program dari Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia, dan ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Bukan kegiatan seremonial saja tapi ada pesan moral untuk generasi calon penerus bangsa.

Selain itu, kegiatan tersebut juga  bertujuan untuk menumbuhkembangkan pemahaman seputaran obat secara menyeluruh.  Siswa Sekolah Dasar adalah usia yang tepat untuk memulai perkerkenalkan jenis – jenis obat yang kiranya tidak disalahgunakan di kemudian hari.

“Edukasi tentang obat-obatan harus diketahui sejak di usia sekolah dasar, usia yang rentan dengan ajakan-ajakan negatif  termasuk penyalahgunaan obat,” tambahnya.

Heny juga berharap melalui penyuluhan  diharapkan anak-anak mengetahui cara menggunakan obat yang baik dan benar hingga anak tidak menggunakan obat sembarangan dan harus ada pengawasan dari orang tua.

Kepala SDN 1 Leksana, Kecamatan Karangkobar, Sutar mengucapkan terima kasih kepada para Apoteker yang sudah menyelenggarakan kegitan tersebut di sekolahnya dan berharap semoga ilmu yang diberikan dapat bermanfaat bagi anak anak sekaligus sebagai bahan serapan pengetahuan yang dapat ditularkan dilingkungan keluarga dan sekitarnya.

“Terima kasih sudah memilih siswa sekolah kami, dengan adanya kegiatan ini,  kami berharap siswa mampu mengenal lebih dalam seputar obat, serta tahu bagaimana cara penggunaan dan fungsinya, katanya.

Pihaknya juga berharap, kegiatan positif tersebut dapat dilakukan secara berkesinambungan agar menjadi tambahan ilmu pembelajaran siswa disekolah, disamping tentunya ada pendampingan dari orang tua tentang bagaimana cara penggunaan obat yang baik dan benar sesuai dengan peruntukanya.(seputarbanjar.com/m.anhar)

Berita lainnya