PT. Indonesia Power Sosialisasikan Pencegahan HIV AIDS

Indonesia Power Sosialisasikan Pencegahan HIV AIDS

 

SEPUTARBANJAR.COM.BANJARNEGARA – Pemahaman dan antisipasi nyata dalam penanggulangan HIV/AIDS harus dilakukan sejak dini dan menyeluruh dari semua elemen. Karena tanpa sosialisasi yang masiv, penderiyta  HIV AIDS  bisa terus bertambah.

Selasa (15/10/2019) bertempat di Aula SMK N 2 Banjarnegara giliran PT. Indonesia Power UBP Mrica bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Banjarnegara menggelar sosialisasi  HIV AIDS di kalangan pelajar, dan kali ini menyasar ratusan siswa di SMK 2 Banjarnegara.

Sosialisasi yang dengan tema “Lindungi Generasi Muda dari HIV AIDS”  ini di kemas dalam bentuk diskusi dan tanya jawab.

General Manager PT. Indonesia Power UBP Mrica, Slamet Suwardi mengatakan, sosialisasi yang di gelar PT. Indonesia Power tersebut merupakan bentuk kontribusi lain dari perusahan melalui CSR melalui komunitas.

Keberadaan kami bukan sekedar bagaimana lsitrik itu ada, tetapi lebih dari itu ada manfaat lain yang diharapkan bisa meningkatkan ekonomi makro di Banjarnegara.

Salah satunya adalah melalui sosislisasi kesehatan ini, karena ketika komunitas itu sehat maka  dengan sendirinya manusia akan tumbuh dengan cara cara sendirinya.

“Sosialisasi HIV masih jarang diadakan, sehingga kami justru memberanikan  diri untuk mengadakan kegiatan ini,  mudah mudahan bisa diterima masyarakat,” Katanya

Menurutnya, segmen sosialisasi sebenarnya bisa saja mengarah ke semua lapisan masyarakat, namun karena kebetulan SMKN 2 Banjarnegara berada di ring 1 lingkungan PT. Indoensia Power UBP Mrica sehingga pihaknya memulai sosialisasi ini  dari lokasi yang paling dekat dahulu.

“Mudah mudahan kedepan akan kami kembangkan ke forum yang lebih tinggi melalui kerjasama dengan dokter,” lanjutnya.

Lebih lanjut Slamet mengatakan, sosialisasi HIV AIDS Memang di fokuskan kepada siswa, karena menurutnya mereka sedang dalam masa galau atau punya rasa keingintahuan yang tinggi, sehingga perlu mereka perlu diberikan pengetahuan yang benar tentang HIV dan AIDS.

“Kami melibatkan dinas  kesehatan agar bisa memberikan penjelasan tentang HIV /AIDS sejelas jelasnya,,” tambahnya.

Kepala Bidang pencegahan dan  Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Banjarnegara  Eri Rosita  mengatakan , berdasarkan survey, generasi muda di tingkat  SMA atau SMK  sudah banyak yang melakukan melakukan hubungan seks , sehingga semua pihak harus bisa berperan  membekali mereka agar dapat menjaga diri dari HIV.

“Ternyata virus HIV sudah ada dikalangan pelajar, sehingga  kita harus bisa mencegah rantai virus agar tidak sampai menular ke generasi dibawahnya,” kata Eri

Dalam sosialisasi tersebut Eri  menjelaskan tentang penyebaran virus HIV /AIDS mulai dari penyebab terjangkitnya, cara penularannya hingga cara mengenali ciri-ciri penderita.

“Kita ajarkan juga cara penanggulangan yang bisa dilakukan kepada penderita HIV/AIDs,” katanya.

Melalui sosialisasi tersebut, pihaknya juga berharap siswa bisa  mencegah dengan cara menghindari perilaku  seks bebas, karena melalui cara itu siswa bisa terhindar dari HIV, dan bagi yang sudah menikah berlakulah setia kepada pasangannya..

“Intinya jangan sampai terjerumus dalam pergaulan seks bebas, karena ini ranah paling mudah penularan HIV Aids,” lanjutnya.

Sosialisasi tersebut juga diharapkan akan semakin membuka wawasan seluruh peserta terutama siswa dalam pemahaman terhadap penyakit HIV/AIDS dan bisa membantu menekan jumlah penyebaran penyakit  HIV AIDS. (seputarbanjar.com/m.anhar)

Berita lainnya