Musim Hujan Datang, Warga Diminta  Waspadai Longsor ..

Musim Hujan Datang, Warga Diminta  Waspadai Longsor ..

 

SEPUTARBANJAR.COM. BANJARNEGARA-Dalam beberapa hari terakhir ini Kabupaten Banjarnegara sudah memasuki musih hujan.

Di beberapa titik curah hujan bahkan cukup tinggi dan rawan dengan berbagai bencana seperti longsor dan banjir.

Di wilayah kecamatan batur bahkan terjadi juga bencan angina kencang yang mengakibatkan seribu lebih rumah terdampak bencana angina kencang tersebut.

Terakhir bencana longsor terjadi di Kecamatan Banjarnegara, tepatnya di Komplek tamansari kelurahan Parakancanggah Kecamatan Banjarnegara Sabtu pagi (2/11/2019).

Akibat longsor dua rumah tertimbun longsor serta mengakibatkan 1 orang tewas dan dua orang lainnya mengalami luka.

Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono mengimbau warga yang ada di wilayah Banjarnegara untuk mewaspadai bencana tanah longsor menyusul curah hujan cukup tinggi diwilayah Banjarnegara.

“Sejak pertama hujan kemarin, intensitasnya cukup besar, bahkan dalam beberapa hari ini   suasana mendung terus menyelimuti Banjarnegara, “ kata Budhi Sarwono usai meninjau lokasi tanah longsor di Kampung Taman Sari, Parakancanggah, Banjarnegara Senin (4/11/2019).

Bupati juga menghimbau kepada warga yang bertempat tinggal diwilayah yang rumahnya berada di dekat tebing diimbau untuk waspada terutama saat terjadi hujan deras. “Bila perlu mengungsi saja ketempat yang aman,” lanjutnya.

Bupati juga meminta warga yang mengetahui adanya kejadian tanah longsor untuk segera melaporkan ke kepala desa setempat.

“Nanti kepala desa akan meneruskan ke camat lalu camat kepada bupati, terlebih lagi di setiap kecamatan di Kabupaten Banjarnegara sudah terbentuk relawan desa tangguh bencana,” katanya.

Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara) Setyoajie Prayoedhie mengatakan, Kabupaten Banjarnegara saat ini sudah memasuki musim hujan, Potensi hujan tersebar tidak merata di sejumlah wilayah yang ada di Banjarnegara, wilayah Batur, Bawang, Karangkobar, Pagentan, Pajawaran, Wanadadi, dan Wanayasa.

“Potensi hujan terjadi pada  siang hari, meski begitu hampir semua kecamatan memiliki potensi hujan yang bersifat lokal pada malam hari,” katanya.

Pihaknya juga  memprakirakan bahwa Kabupaten Banjarnegara akan memasuki puncak musim hujan pada Januari hingga Februari 2020.

“Puncak musim hujan berlangsung pada Januari hingga Februari tahun 2020,” lanjutnya.

Selain Banjarnegara, kata dia, kabupaten lain di sekitarnya, seperti Banyumas dan Purbalingga, juga akan memasuki puncak musim hujan pada Januari mendatang.(seputarbanjar.com/m.anhar)

 

 

Berita lainnya