Kepercayaan Publik Bisa Terbangun Melalui Humas

Kepercayaan Publik Bisa Terbangun Melalui Humas

 

SEPUTARBANJAR.COM.BANJARNEGARA-Humas (Hubungan Masyarakat) pemerintah harus mampu membangun kepercayaan publik dengan menyampaikan informasi tentang kinerja pemerintahan. Ketika informasi tersampaikan dengan baik maka reputasi positif dan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah akan meningkat.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Sub Bagian Publikasi dan Hubungan Media Bagian Humas dan Protokol pada Biro Umum Setda Provinsi Jawa Tengah, Akhsin Dzul Qurnain saat menyampaikan materi pada kegiatan Pertemuan Anggota Forum Komunikasi Kehumasan (Fokohumas) Kabupaten Banjarnegara di Sasana Karya Praja Setda Banjarnegara, Selasa (5/11).

“Kepercayaan masyarakat akan meningkat ketika kinerja pemerintah dipublikasikan dan diketahui oleh masyarakat,” katanya

Publikasi kegiatan pemerintah bisa dilakukan dengan berbagai media, salah satunya melalui media sosial (medsos), lanjutnya. Di medsos sering ditemukan berbagai tanggapan serta pertanyaan dari masyarakat terhadap berita yang yang sudah dipublish. Melalui interaksi di medsos ini, Humas berperan sebagai jembatan untuk memberi informasi yang dibutuhkan masyarakat.

“Interaksi tersebut akan menimbulkan citra positif dan tentunya akan meningkatkan kepercayaan publik terhadap pemerintah,” ujarnya

Sigit Oediarto, Wartawan Suara Merdeka di Banyumas meyampaikan, dalam fungsinya menyebarluaskan informasi kinerja pemerintah, Humas dapat bermitra dengan para wartawan. Dengan menjalin hubungan dengan wartawan diharapkan dapat menjangkau masyarakat dengan lebih luas.

“Kerjasama Humas dan wartawan dapat dilakukan dengan menyediakan fasilitas verifikasi dan membangun hubungan personal yang kokoh,” lanjutnya.

Plt Kepala Dinkominfo sekaligus Asisten Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Kabupaten Banjarnegara, Nurul ‘Aini saat membuka kegiatan, mengatakan peran Fokohumas dalam mendukung program pemerintah menjadi sangat penting untuk menginformasikan kepada masyarakat baik lewat media cetak, elektronik maupun media online.

“Diharapkan Fokohumas mampu menjembatani serta melancarkan arus informasi dari pemerintah agar dapat berjalan dengan lancar dan tersampaikan secara efektif kepada masyarakat,” katanya.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Dinkominfo Banjarnegara, Taufik Muarof menyampaikan, acara yang diikuti oleh anggota Fokohumas di seluruh OPD dan Kecamatan di lingkngan Pemkab Banjarnegara akan digelar selama 2 hari.

“Kegiatan hari pertama adalah penyampaian materi dari narasumber dan besok kami akan melakukan kunjungan lapangan ke Dinkominfo Kabupaten Semarang,” katanya

Selain sebagai ajang silaturahmi antar anggota Fokohumas, kegiatan ini juga untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan anggota Fokohumas dalam mendukung program pemerintah. (seputarbanjar.com/m.anhar)

Berita lainnya