Peringati World Oral Health Day, Ratusan Siswa SD Sikat Gigi Bareng

Peringati World Oral Health Day, Ratusan Siswa SD Sikat Gigi Bareng

SEPUTARBANJAR,COM.BANJARNEGARA-Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Kabupaten Banjarnegara merayakan World Oral Health Day (WOHD) Tahun 2019 di Alun-alun kota Minggu pagi (31/3). Perayaan tersebut dilakukan dengan mengajak ratusan murid SD IV dan SDN 1 Banjarnegara untuk sikat gigi bersama dengan benar.

 

Satu persatu siswa mendapat pemeriksaan gigi, selain mendapat pemeriksaan gigi, siswa juga diberikan edukasi cara menyikat gigi yang benar sehingga tercipta perilaku sikat gigi yang benar pada anak-anak (foto/m.anhar)
Satu persatu siswa mendapat pemeriksaan gigi dari para dokter gigi,  siswa juga diberikan edukasi cara menyikat gigi sehingga tercipta perilaku sikat gigi yang benar pada anak-anak (foto/m.anhar)

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penyuluhan dan pemeriksaan gigi terhadap murid – murid SD tersebut.
Ketua PDGI Kabupaten Banjarnegara Faisal Adi Candra mengatakan, tujuannya diadakannya sikat gigi bersama dengan benar ini adalah untuk memberikan penyuluhan bagaimana melakukan sikat gigi yang benar, dengan harapan nantinya akan tercipta perilaku sikat gigi yang benar pada anak-anak .
“Hari ini kita lakukan penyuluhan tentang perilaku anak dalam melakukan sikat gigi, setelah 21 hari nanti akan kita evaluasi apa sudah tercipta perilaku sikat gigi yang benar baik anak-anak maupun orangtuanya,” kata Faisal.

memberikan edukasi yang benar cara menyikat gigi, akan menciptakan perilaku siswa untuk merawat gigi agar sehat dan kuat. (fofo/m.anhar)
Memberikan edukasi yang benar cara menyikat gigi, akan menciptakan perilaku siswa untuk merawat gigi agar sehat dan kuat. (fofo/m.anhar)

Lebih jauh Faisal menjelaskan, bahwa usia krusial bagi anak-anak adalah saat mereka menduduki kelas 1 hingga kelas 3 SD atau saat masa pertumbuhan, sehingga saat mereka berusia 10 hingga 12 tahun sudah tercipta perilaku sikat gigi yang benar dan gigi yang sehat.
Faisal juga mengingatkan bahwa menjaga kebersihan dan kesehatan gigi masih menjadi problem di kalangan masyarakat. Kerusakan hingga penyakit pun kerap timbul akibat kurang memerhatikan kebersihan gigi.
“Tak jarang kerusakan mulai terjadi sejak usia dini,” lanjutnya.
Fafa (11) Salah satu siswa SD N IV Banjarnegara mengaku senang dengan acara tersebut. Menurutnya selama ini Ia melakukan sikat gigi dengan cara yang kurang benar.

Edukasi tentang menyikat gigi yang benar mendapat antusias dari ratusan siswa yang iktu dalam acaraWorld Oral Health Day tahun 2019. (foto/m.anhar)
Edukasi tentang menyikat gigi yang benar mendapat antusias dari ratusan siswa yang ikut dalam acara World Oral Health Day tahun 2019. (foto/m.anhar)

“Saya jadi tahu bagaimana cara menyikat gigi yang benar dan makin tahu manfaat gigi untuk kesehatan kita,” katanya.
Hal yang sama dikatakan Dina (10), salah satu siswi SDN 1 yang mengikuti sikat gigi bareng. Ia berharap dengan mengikuti penyuluhan sikat gigi yang benar bisa mempunyai gigi yang kuat dan sehat. “Saya ingin punya gigi yang bagus dan sehat,” katanya. (sb/M.Anhar)

Berita lainnya