Peringati Hari Buruh, Buruh Minta Pekerja Asing Yang Melakukan Kekerasan Ditindak..

Peringati Hari Buruh, Buruh Minta Pekerja Asing Yang Melakukan Kekerasan Ditindak..

SEPUTARBANJAR.COM, BANJARNEGARA- Peringatan hari buruh atau May Day 1 Mei dipringati sebagai hari buruh Internasional. Di sejumlah daerah hari buruh diperingati dengan melakukan aksi demo.

Di Kabupaten  Banjarnegara, Jawa tengah, ratusan buruh pabrik demo datangi DPRD Banjarnegara. Mereka menuntut upah yang layak dan meminta agar pemerintah menindak tegas pengusaha asing yang semena mena kepada buruh.

Kordinator Aksi Aan Suherlan mengatakan, Ratusan masa buruh yang tergabung dalam federasi serikat pekerja metal Indonesia di Banjarnegara melakukan aksi demo di depan DPRD Banjarnegara.

“Kami menuntut upah yang layak dan keadilan kepada pemerintah kabupaten Banjarnegara atas perbuatan pengusaha asing yang melakukan kesewenang – wenangan perusahaan asing asal Korea di Banjarnegara,” kata Aan

Aan menjelaskan, perusahaan asing tersebut menurutnya tidak menjalankan aturan perundang undangan tenaga kerja.

Banyak buruh yang dibayar dengan tidak layak, pekerjaan lembur tidak pernah dibayar ,selain itu pekerja sering mendapatkan kekerasan dari pengusaha dan pekerja asing.

“Meski telah dilaporkan kepada pihak berwajib dan terbukti bersalah namun tidak pernah ada proses hukum,” lanjutnya.

Sebelumnya masa buruh ini melakukan long marc di sepanjang jalan protokol / masa berhenti di depan gedung DPRD dan melakukan orasi yang berisi tuntutan buruh kepada pemerintah.

Setelah melakukan orasi selama 1 jam, masa kemudian membubarkan diri dengan tertib.  Meski berjalan tertib aksi buruh ini mendapatkan pengawalan ketat dari kepolisian polres Banjarnegara.

Buruh berharap Pemerintah Kabupaten Banjarnegara bisa segera turun tangan menyelesaikan permasalah ini.(seputarbanjar.com/mochamad anhar)

Berita lainnya