70 Ribu Benih Ikan di Tebar Di Sungai Sapi Merden

70 Ribu Benih Ikan di Tebar Di Sungai Sapi Merden

 

 

SEPUTARBANJAR.COM.BANJARNEGARA – Puluhan  ribu benih ikan ditebar di aliran Kali (sungai) Sapi Desa Merden Kecamatan Purwanegara. Jenis ikan yang ditebar adalah   jenis  ikan nilem dan ikan nila.

“Kami menebar 70 ribu ekor ikan nilem sebanyak 15 ribu dan 55 ribu ikan nila, denngan harapan bisa berkembang biak dan bisa dikonsumsi oleh masyarakat,” kata Sekretaris Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan Banjarnegara Teguh Saptono Sedyadi usai restocking Rabu (21/11/2019).

Teguh menambahkan, penebaran ikan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus mendukung program pemerintah pusat, yakni Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).

                “Selain makin mendekatkan masyarakat untuk mengkonsumsi ikan, penebaran benih ikan ini adalah untuk menjaga keseimbangan lingkungan atau ekosistem perairan umum khususnya sungai dan menambah ketersediaan stok ikan di perairan umum,” lanjutnya.

70 ribu benih ikan Nilem dan Nila di tebar di Kali Sapi Desa Merden Kecamatan Purwanegara.(foto/istimewa)

Sementara Kepala Bidang Perikanan Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan Banjarnegara Akhmad Riyanto  menghimbau masyarakat agar ikut aktif menjaga dan mengawasi sehingga kelestarian sungai, terutama di sungai sapi agar  dapat terjaga kualitas dan ekosistem sungai.

“Jangan menangkap ikan yang masih kecil, dan memberi kesempatan agar ikan tersebut menjadi besar dan berkembang biak sehingga manfaatnya menjadi jauh lebih besar,” jelasnya.

Masyarakat juga diminta tidak menggunakan alat tangkap ikan yang merusak kelestarian lingkungan dan ekosistem seperti menggunakan racun, strum atau listrik yang akan merusak kelangsungan hidup ikan.

Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan berencana masih akan melakukan penebaran ikan di lima titik sungai di wilayah Banjarnegara.

“Masih ada lima kali lagi kita untuk melakukan penebaran ikan di perairan umum, nanti lokasinya akan kita tentukan,” katanya.(seputarbanjar.com/m.anhar)

 

Berita lainnya

%d blogger menyukai ini: