Jaga ekosistem di Sungai, 50 Ribu Ikan Endemik Ditebar di Sungai Panaraban

Jaga ekosistem di Sungai, 50 Ribu Ikan Endemik Ditebar di Sungai Panaraban

 

SEPUTARBANJAR.COM. BANJARNEGARA – Untuk mencegah kepunahan ikan endemik, dilakukan penebaran puluhan ribu ikan Hampala di Sungai Panaraban Desa Dawuhan Kecamatan Wanayasa, kemarin.

 Penebaran dilakukan oleh pengelola Wisata Dawuhan dan komunitas peduli lingkungan. Ketua Pokdarwis Tirta Panaraban Desa Dawuhan Kecamatan Wanayasa Alwanto mengatakan penebaran benih ikan ini dilakukan untuk mencegah kepunahan ikan Hampala. Ikan tersebut merupakan endemik sungai tersebut.

“Penebaran dilakukan oleh Komunitas Mancing Banjarnegara, Komunitas Bukit Petarangan, Komunitas Mancing Banjarnegara Atas dan Bawah dan semua penjuru yang cinta lingkungan,” kata dia.

Sedangkan peserta yang mengikuti kegiatan penebaran benih ikan ini sekitar 60 orang. Menurut dia, penebaran ikan ini dilakukan untuk melestarikan alam. “Kami menolak keras praktek illegal fishing. Baik menggunakan setrum, racun atau cara lain yang melanggar UU,” paparnya

Dia mengatakan pada kesempatan ini, dilakukan penebaran 50 ribu ekor jenis endemik Hampala atau Lempon. Dikatakan, aksi kepedulian lingkungan ini dlakukan untuk merayakan ulang tahun yang ketiga Wisata Dawuhan.

Pada hari pertama dilakukan pementasan dua Warok dari Desa Suwidak Kecamatan Wanayasa, tasyakuran dan doa bersama. Kemudian pada Minggu (29/12) dilakukan pementasan organ tunggal. (sb/com/red)

Berita lainnya

%d blogger menyukai ini: