Banyak Jalan Berlubang, Warga Banjarnegara Tanam Pohon Pisang

Banyak Jalan Berlubang, Warga Banjarnegara Tanam Pohon Pisang

 

SEPUTARBANJAR.COM.BANJARNEGARA – Akibat hujan dengan intenstas tinggi, Jalan nasional yang melewati Banjarnegara banyak yang rusak dan berlobang.

Jalan berlobang tersebut mengancam pengguna jalan,  beberapa pengendara sepeda motor kerap jatuh akibat masuk jalan berlobang tersebut.

Lokasi lobang juga berada di jalur nasional  yang ramai dengan lalu lalang pengguna kendaraan.  

Pohon Pisang di tanam di jalan nasional di jalan Letjend. Soeprapto Banjarnegara, di jalan ini kerap terjadi kecelakaan roda dua akibat jalan berlobang.(foto/m.anhar)

Sebagai wujud protes kepada pemerintah, sejumlah warga menanam pohon pisang di lobang  jalan nasional yang melewati Banjarnegara  dari Singomerto Kecamatan Sigaluh hingga Desa Semampir Kecamatan Banjarnegara.

“Sering terjadi sepeda motor jatuh disini, jalan berlobang ini juga merusak roda kendaraan,” kata  Nano warga Banjarnegara  kepada awak media Selasa (14/1/2020).

Jika terjadi hujan,  lanjut Nano, jalan tersebut makin  membahayakan pengguna jalan karena jalan yang berlobang tertutup genangan air.

“Jika hujan, lobang-lobang jalan tersebut kerap tertutup air dan menipu pengendara, terutama pengendara roda dua, mereka kerap terjatuh bila tidak berhati-hati,” lanjutnya.

Ia berharap pemerintah segera turun tangan untuk memperbaiki kondisi jalan yang rusak tersebut. “Makin cepat diperbaiki makin baik,” katanya.

Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya sebenarnya sudah melayangkan surat kepada pemerintah pusat melalui bina marga propinsi, namun hingga saat ini belum ada tanggapan.

“Kami sudah menyampaikan kepada pemerintah, namun belum ada respon,” katanya

Pemkab Banjarnegara sendiri menyatakan siap jika diperintahkan untuk ikut memperbaiki jalan tersebut.

“Jika memang ada kesulitan secara teknis,kami bisa ko membantu untuk memperbaiki jalan nasional ini,” lanjutnya.

Menurutnya musim hujan yang terjadi di Banjarnegara intensitasnya cukup tinggi sehingga merusak beberapa ruas jalan, baik jalan nasional, jalan propinsi maupun jalan nasional.

“Karena fokus pembangunan kita pada bidang infrastruktur, maka kita sensitif jika ada jalan jalan yang berlobang atau rusak kita segera  menambal atau memperbaikinya,”kata Budhi.(seputarbanjar.com/m.anhar)

 

Berita lainnya