Permintaan Darah meningkat, Stock Darah di PMI Banjarnegara Menipis

Permintaan Darah Meningkat, Stock Darah di PMI Banjarnegara Tipis

 

SEPUTARBANJAR.COM.BANJARNEGARA –  Tingginya angka permintaan darah di Unit Donor Darah PMI Kabupaten Banjarnegara untuk melayani beberapa Rumah Sakit di Kabupaten Banjarnegara dan sekitarnya membuat Stock darah di Laboratorium Unit Donor Darah PMI Kabupaten Banjarnegara dalam tiga hari ini sangat tipis.

Kepala Unit Donor Darah PMI Kabupaten Banjarnegara Agus Budi Susanto mengatakan,  melonjaknya angka permintaan darah di beberapa bank darah Rumah Sakit disebabkan beberapa faktor seperti jumlah pasien yang meningkat karena beberapa kasus kesehatan yang berkaitan dengan perubahan siklus dan iklim yang terjadi akhir akhir ini.

“Angka persediaan darah di Laboratorium kami sangat limit hanya cukup untuk satu hari,  sementara tingkat permintaan justru cenderung meningkat drastis”  katanya.

PMI Banjarnegara terbuka bagi warga yang ingin mendonorkan darahnya, meningkatkan permintaan darah membuat stock darah di laboratorium PMI Banjarnegara semakin menipis.(foto/m.anhar)

Pihaknya berharap masyarakat Banjarnegara yang terbiasa menjadi pendonor darah sukarela dan telah memasuki masa donor untuk mendonorkan darahnya di Unit Donor Darah PMI Banjarnegara.  Selain itu,  upaya untuk menggenjit kelompok kelompok donor juga terus dilakukan agar Stock kembali stabil dan dapat memenuhi kebutuhan darah di Banjarnegara.

Ketua PMI Banjarnegara Setiawan berharap sistem baru yang diterapkan lewat SIM dondar dan Donorku harus selalu update setiap hari sehingga petugas pelestari donor darah dapat menghubungi masyarakat hingga pelosok sehingga mengetahui kapan waktunya berdonor.

 “upaya lain yang dilakukan adalah mendorong relawan PMI untuk selalu berperan dalam upaya menjaga stock dengan cara siap diambil darahnya kapanpun jika dibutuhkan”  paparnya.  Pihaknya mengapresiasi Relawan yang selalu sigap dalam situasi apapun untuk berkorban membantu sesama.

Dengan berbagai upaya tersebut diharapkan angka ketersediaan darah di unit donor darah PMI Banjarnegara dapat selalu aman sewaktu waktu jika diperlukan. (seputarbanjar.com/m.anhar)

Berita lainnya