Program PTSL 2020, 30 Desa Jadi Lokasi PTSL

Program PTSL 2020, 30 Desa Jadi Lokasi PTSL

 

 

SEPUTARBANJAR.COM.BANJARNEGARA-Sebanyak 30 desa di Kabupaten Banjarnegara ditetapkan sebagai lokasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) 2020. Program PTSL ini bertujuan untuk memberikan kepastian dan perlindungan hukum terhadap hak atas tanah secara pasti bagi masyarakat maupun aset pemerintah daerah.

Kasi Infrastrukur Pertanahan, Sartono saat kegiatan Sosilaisasi dan Konsolidasi PTSL 2020 di Sasana Bakti Praja Setda Banjarnegara, kemarin menyampaikan pada tahun 2020 ini Kantor Pertanahan Banjarnegara ditargetkan menuntaskan 70.000 bidang tanah.

Dia mengakui target tersebut akan berat jika dilakukan sendiri oleh pihaknya. Oleh karena itu dia mengharapkan peran serta dari masyarakat pemilik tanah serta kerjasama dengan Pemkab untuk bisa mendorong dan memeberikan arahan kepada pemilik tanah agar program PTSL tersebut bisa diselesaikan sesuai dengan target yang ditetapkan.

Sementara Sekretaris Daerah Banjarnegara, Indarto mengatakan PTSL yang diselenggarakan dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Pada tahun 2018 telah diselesaikan sejumlah 29.000 bidang tanah dan tahun 2019 sebanyak 41.250 bidang tanah.

Menurutnya, program PTSL ini sangat bermanfaat, tidak hanya bagi masyarakat tetapi juga bagi pemerintah daerah dalam melakukan perencanaan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kantor Pertanahan Banjarnegara juga menargetkan pada tahun 2023 Kabupaten Banjarengara akan menjadi kabupaten lengkap dengan seluruh bidang tanah sudah bersertifikat,” katanya

Program PTSL ini juga sesuai dengan kemajuan zaman seperti di era digital seperti sekarang. Data yang sebelumnya dalam bentuk kertas akan beralih ke bentuk data digital sehingga terdaftarnya seluruh bidang tanah akan tersimpan dengan kualitas data yang lebih baik.

“Pelayanan secara digital ini menguntungkan, karena dari segi biaya maupun waktu penyelesaiannya lebih efisien,” katanya. (seputarbanjar.com/m.anhar)

Berita lainnya

%d blogger menyukai ini: