Anggota DPR RI Rofik Hananto Sambut Baik Rencana Beroperasinya Bandara J.B. Soedirman

DPR RI Fraksi PKS Dapil Jawa Tengah VII H. Rofik Hananto, S.E.(foto/istimewa)

Anggota DPR RI Rofik Hananto Sambut Baik Rencana Beroperasinya Bandara J.B. Soedirman

 

 

SEPUTARBANJAR.COM.BANJARNEGARA- Rencananya Beroperasinya Bandara Jenderal Besar Soedirman mendapat sambutan positif dari Anggota DPR RI Fraksi PKS Dapil Jawa Tengah VII H. Rofik Hananto, S.E.

Menurutnya selain bermanfaat secara ekonomi, bagi masyarakat Jawa Tengah bagian barat  dan sekitarnya keberadaan   Jenderal Besar Soedirman juga makin mempermudah arus  mudik lebaran pada bulan Mei 2020 mendatang.

Menurutnya beroperasinya bandara J.B. Soedirman merupakan kabar baik bagi masyarakat, khususnya bagi masyarakat diwilayah karesidenan Banyumas dan sekitarnya yang akan mudik saat lebaran nanti.

“Ini akan menjadi salah satu alternatif moda transportasi para pemudik selain menggunakan angkutan darat,” Kata Rofik ditemui di Komplek Gedung DPR RI Jum’at (14/2/2020).

Kabar akan digunakannya Bandara J.B. Soedirman disampaikan oleh Direktur Utama PT. Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin saat audiensi bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, minggu lalu.

“Kami akan gunakan Bandara J.B. Soedirman untuk angkutan lebaran pada bulan Mei 2020. Tentunya setelah mendapat izin dari Regulator, yakni Kementrian Perhubungan.” jelas Awaluddin

Saat ini progres pembangunan runway dan apron Bandara J.B. Soedirman sudah mencapai 42 persen, ditargetkan pembangunan akan rampung akhir april 2020. Sehingga Bandara dapat beroperasi secara terbatas untuk angkutan lebaran 2020 dengan memanfaatkan gedung terminal Landasan Udara yang saat ini sudah ada.

Awaludin menerangkan bahwa panjang runway Bandara J.B. Soedirman mencapai 1.600 meter, dengan begitu landasan sudah dapat digunakan untuk mendarat pesawat Jenis ATR72-600, dengan tipe pesawat ini maka rute penerbangan bisa mencakup seluruh Pulau Jawa, Bali, sebagian Sumatera dan Kalimantan.

Selain pembangunan Runway dan Apron yang terus dikebut, Pembangunan gedung terminal seluas 3600 M2 juga ditargetkan akan selesai akhir September 2020 dan diperkirakan dapat menampung 250.000 – 300.000 penumpang per tahun.

“Awal Oktober ini  bandara J.B. Soedirman diharapkan sudah dapat diberfungsi secara optimal,” kata Awaludin.(seputarbanjar.com/m.anhar)

Berita lainnya

%d blogger menyukai ini: